Headlines News :
Home » » Hindari Mati Sia-Sia di Jalan Raya

Hindari Mati Sia-Sia di Jalan Raya

Written By MAHA KARYA on Sunday, September 7, 2014 | 9/07/2014

Kemalangan jalan raya di beberapa tempat di dunia diperkirakan mele-bihi korban sebuah perang dahsyat dari sesuatu Ne-gara. Kenapa begitu mu-dah orang menyia-nyiakan nyawanya secara percuma hanya karena asyik balab-balapan kenderaan ataulalai dalam mengemudi. 

Tiada seorang korbanpun dapat menjawab pertan-yaan tersebut karena um-umnya mereka tidak sadar kalau prilaku cerobah yang dilakukan itu membahaya-kan nyawanya. Apalagi di musim hari raya yang hamapir tiada hari tanpa kemalangan jalan raya, terkadang mobilnya baru dibeli khusus untuk ber-hari raya dengan keluarga, tetapi terlanjur menabrak tiang listrik lalu terbalik dan terbakar.

Semua kejadian itu tidak dapat dengan mudah menyalahkan Allah secara gamblang seperti uca-pan: dia terbalik mobil karena Allah, padahal dia sendiri yang ceroboh, lalai dan ogah-ogahan dalam mengemudi. Sungguh Al-lah tidak akan mendhalimi seseorang walapun sebesar zarrah sekalipun, dan jika ada kebajikan sekecil zarrah niscaya Allah akan melipatgandakannya dan memberikan pahala yang besar di sisi-Nya (An-Nisa: 40). 

Kalaulah begitu janji Allah maka bagaimana mungkin manusia ini menyalahkan Allah ketika mereka lalai dan ceroboh dalam mengendarai ken-daraannya sehingga bera-khir dengan kecelakaan. Bukankah Allah telah ber-­ rman: Dan tidaklah kami mendhalimi mereka, tetapi merekalah yang mend-halimi diri sendiri (Az-Zukhruf: 76). 

Dalam ayat lain Allah juga ber­ rman: wala talku biaidikum ilat-tahlukah (dan janganlah kamu menganiaya dirimu dengan tanganmu sendiri). Maknanya janganlah ma-nusia ini menghancurkan kehidupannya dengan ulah tangan mereka sendiri baik karena salah menge-mudi, ceroboh dalam berbuat sesuatu sehingga berakibat fatal dan seump-amanya.

Sesungguhnya Al-lah sudah berjanji tidak akan mendhalimi hamba-Nya (Qaf: 29) melainkan mereka sendirilah yang langsung atau tidak lang-sung, sengaja atau tidak sengaja telah mendhalimi diri mereka sendiri. Untuk mengikuti arahan-arahan Allah dalam Al-Qur’an al-karim maka sebagai hamba Allah yang takut kepada-Nya, jagalah diri dari kehancuran akiban ulah tangan sendiri, akibat brutal dan lalai di jalan raya. Berhati-hatilah dalam mengenderai kereta agar tidak keluar nyawa di jalan raya. Berhati hatilah dalam memandu mobil agar nyawa orang tidak berakhir di tangan kita. Dan berhati-hatilah dalam kehidupan serta ingat-lah selalu kepada tuhan walaupun di tengah jalan agar kita terselamatkan dan sampai ketujuan.

Berzikirlah dalam setiap perjalanan, ingat-lah selalu kepada tuhan seru sekalian alam, jangan sekali-kali melupakan-Nya karena ketika kita melupa-kan Allah boleh jadi Allah pun terlupa kepada kita sehingga kita bisa terbalik , tersungkur dan mati di jalan raya. Sambil menge-mudi ingatlah Allah dan ucapkanlah selalu kata-kata Allah, subhanallah, masya Allah, astagh­ rul-lah, Alhamdulillah Al-lahu akbar sesuai dengan kenyataan yang ada dalam perjalanan kita. Dengan demikian insya Allah, Allah pun akan mengawal dan menjaga kita dari kehancuran. Fazkuruwni azkurkum, wasykuruw liy wa la takfuruun (ingatlah daku niscaya Aku akan mengingatimu, bersy-ukurlah kepadaKu dan janganlah kamu ingkar kepadaKu).

Lalai, apalagi angkuh, sombong dan ugoh dalam mengendarai kenderaan di jalan raya dengan me-lupakan Allah merupa-kan bahagian dari meng-ingkali nikmat Allah dan tidak bersyukur kepada Allah. Karena itu wahai kawula muda yang masih panas darahnya, ingat-lah engkau merupakan harapan bangsa di masa depan, engkau merupa-kan generasi penerus dan pembela Islam, engkau adalah titipan Allah untuk memimpin dan menguasai alam. Maka berhati-hatilah di jalan raya, ingat orang ter-sayang di rumah ketika sedang memandu secara laju dan tajam, perbaiki cara hidup dengan cara baik, sopan dan mus-lihat agar Allah senan-tiasa menyelamatkan kita dalam kehidupan dunia dan akhirat kelak. Insya Allah
Hasanuddin Yusuf Adan
Share this article :

0 coment:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Alamat:Komplek Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. - Kontak. Telp:+62852 8244 0074 - Email: gema_btr@yahoo.co.id
Copyright © 2014. Gema Baiturrahman Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template Editing by Saifuddin