Headlines News :
Home » » Pentingnya Dakwah di Tengah Umat

Pentingnya Dakwah di Tengah Umat

Written By MAHA KARYA on Tuesday, April 23, 2013 | 4/23/2013

Terdapat kaitan yang sangat erat antara dakwah, ibadah seorang muslim, dan  juga kondisi badan yang sehat. Dalam kaitan ini, ajaran Islam menuntun umatnya supaya senatiasa mempraktikkan cara-cara yang tepat dan terpuji, sehingga diharapkan dapat memiliki kesehatan yang prima untuk kelancaran kegiatan ibadah yang dilakukan sehari-hari. Artinya, bila umat sehat, maka akan sangat mendukung kegiatan ibadah.
 
Oleh sebab itu, kita termasuk di Aceh, hendaknya selalu mendukung jika ada upaya atau kegiatan yang bernuansa dakwah untuk mendukung kesehatan umat. Kondisi sakit, pasti saja akan membuat ibadah kita agak terganggu. Makanya, kita semua mesti berdoa kepada Allah SWT, supaya selalu diberikan pikiran yang sehat, dianugerahkan rezeki halal, dan kondisi tubuh yang fit.

Meneladani kehidupan Rasulullah SAW, ada banyak hal yang harus dicontoh, termasuk cara atau tips hidup sehat Beliau dalam kehidupan keseharian. Banyak riwayat menjelaskan, Rasulullah  sangat selektif terhadap makanan. Beliau mengutamakan makanan dan minuman yang halal dan baik. Selain ini, dianjurkan makan dengan tenang dan tak tergesa-gesa. Hal lainnya yang harus kita jadikan teladan adalah, Rasulullah juga sangat konsisten melaksanakan puasa sunat. Juga amat mantap dalam menjalani ibadah shalat. 

Diyakini, melalui shalat yang khusyuk dan tekun, Rasulullah memiliki ketrampilan yang tinggi dalam mengelola emosi, pikiran, dan hati. Bahkan sesuai dengan hasil penelitian terkini di bidang kesehatan, diketahui bahwa kemampuan dalam mengelola hati, pikiran, dan perasaan akan sangat menentukan kualitas kesehatan seseorang, baik jasmani maupun rohani.

Terus terang, saat ini, kita termasuk di Aceh tetap banyak membutuhkan pendakwah yang selalu mengajak umat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dalam perkembangannya, diri manusia akan selalu membutuhkan makanan dan minuman yang halal, sehat, dan segar. Namun pada sisi lain, kebutuhan rohani, termasuk dakwah dan ketenangan dalam menjalani kehidupan ini juga merupakan hal mendasar yang dibutuhkan semua orang. Marilah terus berdoa, semoga dakwah yang diberikan serta disuguhkan para dai di tengah-tengah umat akan selalu menuntun mereka, sehingga tidak pernah melenceng tatkala berhadapan dengan berbagai tantangan kehidupan. Sungguh, kita semua selalu membutuhkan dakwah yang membawa umat ke jalan kebenaran sesuai dengan harapan Dienul Islam. Semoga. (hil)
Share this article :

0 coment:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Alamat:Komplek Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. - Kontak. Telp:+62852 8244 0074 - Email: gema_btr@yahoo.co.id
Copyright © 2014. Gema Baiturrahman Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template Editing by Saifuddin