Headlines News :
Home » » Butuh Kepedulian Orang Tua Dalam Sukseskan UN

Butuh Kepedulian Orang Tua Dalam Sukseskan UN

Written By MAHA KARYA on Saturday, March 9, 2013 | 3/09/2013

Kepala dinas pendidikan Aceh Anas M Adam mengatakan kepedulian para orangtua sangat penting guna mewujudkan tingkat kelulusan siswa yang lebih baik pada Ujian Nasional (UN) 2013 dibandingkan UN tahun-tahun sebelumnya. "Saya berharap kepedulian orangtua untuk memotivasi anak-anaknya agar lebih giat belajar menjelang UN sehingga bisa lulus dengan perolehan angka memuaskan," katanya di Banda Aceh, Jumat.

Sebanyak 67.665 siswa tingkat Sekolah Menengah Umum (SMU/sederajat) di Provinsi Aceh tercatat sebagai peserta UN tahun pembelajaran 2012/2013. Menurut dia, UN tahun pembelajaran 2012/2013 memang berbeda dengan ujian tahun-tahun sebelumnya, namun perbedaan itu tidak perlu ditakuti oleh para siswa.

Perbedaan UN 2013 dengan tahun-tahun sebelumnya, Anas menjelaskan hanya pada paket soal. UN sebelumnya hanya lima paket, sementara untuk 2013 menjadi 20 paket soal ujian. Oleh karena itu, Anas M Adam juga menegaskan selama tidak jarang dijumpai selama ini bahwa para orangtua terutama dipedesaan yang kurang peduli terhadap aktivitas belajar anak. "Seperti kami telusuri beberapa tahun lalu, ada siswa yang tidak mengikuti UN. Kemudian saat ditanya alasan tidak ikut UN, ternyata yang bersangkutan tidak ada di rumah, dan orangtuanya juga tidak mengetahui keberadaan anaknya itu," kata dia menambahkan.

Selain itu, ia juga mengharapkan para guru dan kepala sekolah agar mengevaluasi setiap hasil "try out" yang telah dilakukan untuk mengukur materi yang sudah maupun belum dimengerti oleh siswa. "Saya pikir itu analisis itu penting agar remedial yang kita berikan ternyata sudah dipahami oleh siswa. Sebaliknya kita juga dapat mengukur pelajaran apa yang memang belum dipahami oleh siswa," katanya menambahkan.

Dipihak lain, Anas menyerukan para guru juga perlu menganalisis kisi-kisi soal dan melihat apakah ada materi yang diajarkan belum lengkap, selanjutnya diberi remedial untuk materi yang belum lengkap itu.(Ant)
Share this article :

0 coment:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Alamat:Komplek Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. - Kontak. Telp:+62852 8244 0074 - Email: gema_btr@yahoo.co.id
Copyright © 2014. Gema Baiturrahman Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template Editing by Saifuddin