Headlines News :
Home » » Keridhaan Allah, Puncak Kenikmatan

Keridhaan Allah, Puncak Kenikmatan

Written By MAHA KARYA on Thursday, October 11, 2012 | 10/11/2012

Firman Allah swt: Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?" Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) istri-istri yang disucikan serta keridaan Allah: Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (QS Ali Imran: 15)

Mari kita lihat kembali surat Ali Imran ayat 15 yang menceritakan tentang kenikmatan orang yang beriman dan beramal shalih. Sebelum ayat 15 surat Ali Imran menceritakan bagaimana manusia dihiasi dengan hubusysyahwan dan macam-macam yang lain, kemudian Allah menceritakan semua orang cinta kepada isterinya, cinta kepada anak-anaknya, cinta kepada harta benda, tapi Allah berfirman, “Maukah Aku ceritakan yang lebih baik dari itu lagi.” 

Di dunia ini, tentu, akan diperoleh oleh siapa saja, tanpa melihat apakah dia beriman atau tidak! Asal saja seseorang berupaya sesuai dengan ketentuan Allah, dia akan memperoleh harta yang banyak, istri yang cantik dan sebagainya, tapi kata Allah, itu masih rendah dibandingkan dengan nikmat di akhirat kelak. “Maukah Aku ceritakan kepada kamu balasan yang lebih baik dari itu?” Tapi itu hanya diberikan kepada sekelompok orang. Tidak diberikan kepada semua.

Kepada siapa? Hanya diberikan kepada orang-orang yang bertaqwa. Ini kita pahami: orang beriman dan beramal shaleh. Itu saja mahar  untuk dia memperoleh balasan berupa surga dan seterusnya yang telah kita tulis sebelumnya, itu tapi sekarang akan diberikan lagi kepada orang yang bertaqwa, tentu orang bertaqwa itu sudah beriman dan beramal shaleh.

Apa balasannya? Juga surga di bawahnya ada sungai yang airnya mengalir, yang kedua mereka kekal di dalam surga itu lama sekali. Walaupun dia beramal dalam batas waktu yang ada mula dan ada akhir, tapi disaat dia menerima balasan, maka balasannya itu akan diterima untuk selama-lamanya.  Dia mendapatkan pasangan hidup yang suci, apakah dia perempuan ataupun laki-laki. Sungguh sebuah keridhaan dari Allah swt. Inilah puncak dari segala nikmat.

Kalau Allah sudah ridha kepada hamba-Nya, hamba itu bisa meminta apa saja nikmat yang lain. Tanpa perlu disebutkan. Kalau disebutkan, mungkin akan panjang ayat di atas, tapi cukup Allah menyebut dengan kata yang sangat-sangat singkat: warizhwaanum minallah, sebuah keridhaan Allah terhadap mereka. Kalaupun mereka pernah melaksanakan pekerjaan yang melanggar peraturan-Nya disaat dulu di dunia, semuanya dihapuskan. Dibalas dengan balasan yang banyak.  

Prof. Dr. Tgk. H. Azman Ismail, MA ; Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Share this article :

0 coment:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Alamat:Komplek Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. - Kontak. Telp:+62852 8244 0074 - Email: gema_btr@yahoo.co.id
Copyright © 2014. Gema Baiturrahman Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template Editing by Saifuddin