Headlines News :
Home » » Ibadah Qurban di B. Aceh Kian Meningkat

Ibadah Qurban di B. Aceh Kian Meningkat

Written By MAHA KARYA on Tuesday, October 9, 2012 | 10/09/2012

Pemerintah Banda Aceh tahun ini akan menyalurkan hewan qurban sebanyak enam ekor sapi untuk warga Kota Banda Aceh dari kalangan fakir dan miskin. Demikian keterangan yang disampaikan Elfijar, S.Ag, M.Ag staf Pemko B.Aceh saat ditemui di ruang tugasnya pada bagian Keistimewaan Setda B.Aceh Selasa siang 9/10.

Keenam ekor hewan qurban dimaksud, sebut Elfijar, seekor diantaranya akan diserahkan seperti tahun lalu ke panitia qurban di Masjid Raya Baiturrahman dan seekor lagi diberikan ke panitia qurban di Masjid Agung Al Makmur Lampriet Banda Aceh. 

"Sementara selebihnya akan dikelola langsung oleh PHBI Kota Banda Aceh, dengan tetap membangun sinergisitas dalam penyaluran hewan qurban dimaksud dengan sejumlah panitia qurban lainnya baik dari Masjid Raya Baiturrahman maupun Masjid Agung Al Makmur Lampriet," sebut El Fijar.

Jika dibandingkan beberapa tahun lalu, secara kuantitas jumlah penyaluran hewan qurban milik Pemerintah Kota Banda Aceh terlihat meningkat. Sebelumnya, lanjut El Fijar, rata-rata ada tiga hingga empat ekor sapi. Tapi tahun ini, ada enam ekor sapi dan sudah dianggarkan dalam APBK B.Aceh tahun 2012.

Sementara itu, hewan qurban yang akan disebelih nantinya pada idul qurban 1433 H disejumlah masjid dalam pantauan gema juga turut mengalami peningkatan. 

Masjid Al Ikhas Gampong Keuramat Banda Aceh misalnya, tahun lalu mencapai 10 ekor sapi dengan 5 ekor kambing. Menurut Putra Ismuha, salah seorang aktifis masjid setempat, tahun ini ada peningkatan sekitar 15-20% jumlah hewan qurban yang disembelih. "Dalam data yang ada, hingga selasa siang, baru ada sembilan ekor sapi dengan enam ekor kambing. Kemungkinan besar akan bertambah menjelang malam idul qurban," sebut Putra.

Lain halnya dengan Masjid Gampong Tibang Kecamatan Syiah Kuala. Menurut Jamaluddin M.Ag salah seorang imam masjid setempat, data hewan qurban tahun lalu diwilayahnya ada empat ekor sapi dengan lima ekor kambing. "Untuk tahun ini ada dua kemungkinan. Bila tidak ada penambahan jumlah hewan qurban maka kita upayakan mendorong warga untuk dapat menyelenggarakan penyebelihan hewan qurban seperti tahun kemarin," sebut Jamal alumni Timur Tengah itu. (Gbo-Y)

Share this article :

0 coment:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Alamat:Komplek Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. - Kontak. Telp:+62852 8244 0074 - Email: gema_btr@yahoo.co.id
Copyright © 2014. Gema Baiturrahman Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template Editing by Saifuddin