Headlines News :
Home » » Efek dari Sebuah Keimanan

Efek dari Sebuah Keimanan

Written By MAHA KARYA on Tuesday, September 11, 2012 | 9/11/2012

Ir. H. Basri A. Bakar, M.Si
”Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal saleh, (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. al-Maidah : 9).

Keimanan pada diri setiap muslim tidak dapat dipisahkan dari amal shaleh (amal yang baik dan bermanfaat). Ulama sepakat mengatakan bahwa amal (perbuatan) adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keimanan, karena keimanan yang sempurna akan dapat diraih hanya jika dibarengi dengan amal yang nyata.

Rasulullah SAW bersabda: “Iman itu bukanlah harapan semata,  bukan pula perhiasan yang terlihat, akan tetapi ia  adalah sesuatu yang tertanam dalam hati dan direalisasikan dengan perbuatan” (HR. Ibnu Najjar dan Dailami).

Ada dua rahasia mengapa Allah seringkali menyandingkan iman dan amal dalam al-Qur’an: Pertama, Keimanan kepada Allah yang Esa merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Semua amal perbuatan yang dilakukan akan bermakna dan mendapatkan ganjaran pahala di sisi Allah apabila dilandasi oleh keimanan.

Kedua sebesar dan sebanyak apapun amal yang dilakukan oleh orang yang tidak beriman (kafir) baik untuk tujuan individu maupun social maka ia tidak akan berarti dan bermakna apa-apa di hadapan Allah SWT.

Allah menegaskan hal itu dalam firman-Nya: “Dan kami hadapkan segala amal yang mereka (orang yang tidak beriman) kerjakan, lalu kami jadikan amal itu bagaikan debu yang berterbangan” (QS, al-Furqan: 23).

Jika keimanan itu telah kita miliki maka sayang jika ia tidak kita sempurnakan dengan perbuatan baik yang bermanfaat buat diri kita, keluarga dan masyarakat. Nilai kebaikan diukur melalui amal shaleh. Amal shaleh merupakan implikasi dari keimanan seseorang. Amal shaleh memiliki tempat yang mulia dalam ajaran Islam. Karena itu, Islam memberikan balasan kebajikan untuk orang-orang yang istiqamah dalam beramal shaleh.

Untuk itu, hanya amal shaleh yang berasal dari keimanan kepada Allah SWT, keyakinan akan keadilan-Nya, dan hanya berharap akan rahmat-Nya yang akan membawa manfaat dalam kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
Share this article :

0 coment:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Alamat:Komplek Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. - Kontak. Telp:+62852 8244 0074 - Email: gema_btr@yahoo.co.id
Copyright © 2014. Gema Baiturrahman Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template Editing by Saifuddin