Headlines News :
Home » » Hindari Mati di Jalan Raya

Hindari Mati di Jalan Raya

Written By MAHA KARYA on Sunday, September 7, 2014 | 9/07/2014

Kematian di jalan raya akibat kecelakaan lalu lintas adalah tragis, walaupun  kematian itu ajal yang tak dapat dihindari. Kematian seperti ini, tak diharapkan banyak orang, namun kesadaran kita tak cukup normal untuk menghindari kematian sia-sia seperti itu. Fenomena kecelakaan lalu lintas di negeri ini yang berakibat kematian dalam beberapa tahu terakhir telah menyamai jumlah kematian dalam  perang. 

Kita sebut mati sia-sia, sebab secara logis, kecelakaan lalu lintas masih dapat dihindari. Lihatlah beberapa faktot penyebab misalnya, pertama, kecelakaan terjadi akibat ledakan jumlah kenderaan, dapat dihindari dengan pengaturan yang ketat terhadap kenderaan tak layak jalan dan membatasi anak-anak di bawah umur mengenderainya tanpa izin (tanpa SIM). Juga dengan menambah pelebaran dan panjang jalan, atau  membangun jalan baru setiap tahun.  

Kedua, kecelakaan akibat kelemahan manusia. Hal ini dapat diantisipasi  dengan memperketat izin mengemudi. Syarat memperoleh SIM harus melewati seleksi yang ketat.

Tidak sembarangan mengeluarkan SIM, bukan hanya mengejar target pendapatan negara bertambah. Prosedur pembuatan SIM diharuskan melewati tes kesehatan psikologis untuk memastikan pengendara sepeda motor dan mobil benar-benar sehat fi sik dan mental.

Ketiga, memaksimalkan peran masyarakat dalam membangun kesadaran tertib lalu lintas. Harus dipahami, bahwa disiplin lalu lintas adalah bagian dari syariat Islam dan cerminan bangsa yang bermartabat. Selama ini indikator ketaatan dan ketaqwaan hanya dilihat dari disiplin menjalankan shalat dan ibadah lainnya, padahal tertib di jalan raya sama pentingnya dengan ibadah kepada Allah SWT. Paradigma ini perlu terus dikampanyekan kepada masyarakat. 

Karena itu, kita  melihat masalah disiplin lalu lintas, kecelakaan dan kematian di jalan raya merupakan masalah bangsa ummat Islam negeri ini yang perlu penanganan cepat dan terpadu, disertai langkah-langkah yang efektif. Tidak boleh membiarkan dunia internasional menyalahkan bangsa ini, karena lamban atau membiarkan lajunya angka kematian tak diharapkan itu. 

Dalam hal ini, perlu keterpaduan langkah antara Negara dan ulama dalam mencari solusi kecalakaan dan kematian di jalan raya. Bisa saja kita sepakat melembagakan gagasan: pelanggaran lalu lintas haram dan mendapat ganjaran setimpal di yaumil akhir. Inilah bentuk kontribusi syariat Islam dalam mengurangi kecelakaan lalu lintas. Tentu, jika pun kita sudah ikhtiar maksimal dan meninggal juga dengan cara tragis, itulah kekendak Allah SWT. 
Share this article :

0 coment:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Alamat:Komplek Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. - Kontak. Telp:+62852 8244 0074 - Email: gema_btr@yahoo.co.id
Copyright © 2014. Gema Baiturrahman Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template Editing by Saifuddin