Headlines News :
Home » » Aceh Butuh 10 Ribu Pengusaha

Aceh Butuh 10 Ribu Pengusaha

Written By MAHA KARYA on Wednesday, October 3, 2012 | 10/03/2012

Untuk Aceh bisa bangkit dan mandiri, kita butuh minimal 10 ribu pengusaha” Ujar Suparno, pengusaha muda sukses di Aceh. Menurutnya kalau mau maju dan mengejar ketertinggalan kita sebagai generasi muda harus berani dan punya mental pengusaha, tambahpria yang jatuh bangun merintis usaha di hadapan 300-san mahasiswa baru Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidkan (STIKIP) Bina Bangsa Get Sempena Banda Aceh, Senin (1/10).

Acarabertajuk “ Ayo JadiPengusaha” itu merupakan sebuah sesi materi khusus tentang Entreprenership dalam pelaksanaan Orientasi Pengenalan Kampus. Pengusaha itu ibarat sumber air, bila ada sebuah usaha maka akan sendi kehidupan masyarakat akan hidup dan berdenyut.  

Rakyat Aceh bukan tidak memiliki uang, tapi mereka memiliki lahan maupun harta lain. Hanya saja selama ini kebijakan pemerintah belum berpihak rakyat kecil. Rakyat tidak didorong untuk kreatif, inovatif untuk mandiri. Pemerintah seharusnya juga menfasilitasi masyarakat untuk bangkit dan membangun usaha” sebut Presiden Gerakan Wirausaha Aceh (Gwach).

Sejarah orang Aceh sebagai pengusaha sudah masyhur dari dulu kala. Kita tentu ingat bagaimana saudagar Aceh dulu begitu hebat menjalin hubungan dengan pedagang dari Arab, Persia, Inggris, Turki dan bangsa lain di dunia. Maka pilihan menjadi pengusaha, punya kuasa atas diri sendiri adalah sangatlah tepat. Apalagi berbagai potensi alam dan alam terbuka lebar.

”Materi wirausaha ini menjadi menarik karena selama ini Ospek selalu identik dengan kegiatan peloncoan atau stigma negatif lain. Maka, hal ini menjadi sebuah hal baru untuk format dan materi kegiatan Ospek mahasiswa’ ujar Zakiyul Vuadi, Ketua BEM STIKIP.

Selain Suparno dari Gwachdan Founder Ayam Lepas juga hadir pemateri dari Yayasan STKIP dan dari BNI Banda Aceh. Bangku kuliah tidak berorientasi PNS, tapi membangun masyarakat untuk berwirausaha. Beliau membandingkan pribadipun banyak manfaat yang akan didapat oleh seorang pengusaha yang tidak didapat oleh PNS.

Gwach, sebut Suparno, adalah sebuah gerakan yang diinisiasi untuk membangkitkan dan menfasilitasi wirausaha di Aceh. Menuju professional enterprenership, kemandirian dan pengembangan jariangan usaha. Terutama orang muda yang memiliki semangat dan keberanian untuk usaha. (GboR)
Share this article :

0 coment:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Alamat:Komplek Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. - Kontak. Telp:+62852 8244 0074 - Email: gema_btr@yahoo.co.id
Copyright © 2014. Gema Baiturrahman Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template Editing by Saifuddin