Headlines News :
Home » » Indahnya Hari Raya Idul Fitri

Indahnya Hari Raya Idul Fitri

Written By MAHA KARYA on Thursday, August 23, 2012 | 8/23/2012

Oleh H. Hilmi Hasballah

Betapa bahagianya kaum muslimin di pagi Idul Fitri nan indah ini. Usai menjalani ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh, inilah hari kemenangan yang ditunggu-tunggu. Umat Islam berharap dapat meraih predikat taqwa, sebagaimana dambaan pascamelaksanakan ibadah di bulan suci yang baru saja berlalu tersebut. 

Kini, bulan yang penuh berkah itu telah meninggalkan kita. "Kapal Ramadhan" kembali berangkat ke samudera luas. Tinggallah kita di dermaga, hingga menanti Ramadhan berikutnya datang. Ada kesedihan tatkala Ramadhan berlalu. Semua umat Islam bahkan bertanya-tanya, masih adakah kesempatan untuk bersua dengan Ramadhan berikutnya? Menjalani shaum dengan aneka amal shalih yang dilipatgandakan nilai pahala dan kebaikan oleh Sang Khaliq. Ramadhan selalu dirindukan umat.

Begitu Ramadhan pergi, sejak tadi malam hingga di pagi yang indah ini, seluruh umat Islam di dunia tak henti-hentinya melantunkan takbir sebagai bentuk memuji kebesaran Allah SWT. Gaung takbir berkumandang di setiap masjid dan meunasah. Bahkan, di banyak kota juga digelar pawai takbir yang diikuti ribuan remaja muslim dari berbagai kota. Asma Allah bergema di berbagai sudut negeri. 

Bagi muslim yang telah menjalankan ibadah puasa secara baik sesuai tuntunan agama, hari ini ibarat hari kemenangan setelah dengan susah payah mengalahkan berbagai godaan dan hal-hal terlarang selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Dengan pakaian serbaputih dan serba baru, kaum muslimin dengan khusyuk dan tekun mengikuti proses pelaksanaan shalat, dilanjutkan mendengarkan khutbah hari raya di hari kemenangan ini. 

Bentuk silaturahmi yang terjelma di Hari Idul Fitri makin lengkap, mengingat banyak di antara kita yang sengaja mudik ke kampung halaman. Saling mengunjungi dan bermaafan terasa begitu kental. 
Bagi kita, selain bersilaturahmi dengan orangtua, kerabat, dan tetangga terdekat, memaknai Idul Fitri juga bisa dilakukan dengan ikhtiar untuk terus meningkatkan amal sosial kepada orang-orang yang membutuhkan. Masih banyak fakir, miskin, kelompok jompo, dan anak yatim yang hidup di kiri-kanan kediaman kita. Mereka butuh perhatian, terutama dari para dermawan yang hidup serba kecukupan. 

Dengan berpuasa sesuai dengan petunjuk ajaran Islam, diharapkan kaum muslimin menjadi insan-insan yang paripurna dan menjadi sosok yang bertaqwa. Dalam sejumlah firman Allah diterangkan, akan banyak kemudahan yang diperoleh orang bertaqwa dalam menjalani kehidupan ini. "Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan baginya jalan keluar dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (QS Ath Thalaq [65]:2-3). Pernyataan hampir senada juga diterangkan dalam QS Thalaq ayat 4. "Dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah SWT, niscaya Dia akan menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya".

Akhirnya, kita berharap semoga melalui momentum Idul Fitri 1433 H yang indah ini, akan semakin menambah keimanan, ketaqwaan, ukhuwwah islamiyah, dan solidaritas sosial di kalangan umat Islam. Mudah-mudahan Allah SWT akan terus memberi hidayah, kesehatan, dan rahmatnya dalam kehidupan kita bersama. Amin Ya Rabbal 'Alamin. Selamat Idul Fitri 1433 H. Mohon maaf lahir dan bathin.
Penulis kini bertugas di Setdakab Aceh Besar
Share this article :

0 coment:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Alamat:Komplek Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. - Kontak. Telp:+62852 8244 0074 - Email: gema_btr@yahoo.co.id
Copyright © 2014. Gema Baiturrahman Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template Editing by Saifuddin